Beberapa orang mengatakan “Belajar Matematika itu melelahkan dan membosankan.” Eit, tunggu dulu,  di sekolah kami SD Kristen Petra 7 beda loh ! Pada hari Selasa, 5 November 2024 kami siswa kelas 4 belajar tentang “ Persamaan Bilangan”. Pelajaran ini sangat seru karena kami diberikan game berupa soal tantangan yang kami kerjakan dalam kelompok.

Sebelum dimulai pembelajaran kami dibagi dalam 6 kelompok, setiap kelompok dibagikan 1 buah “Timbangan Bilangan” dan mengambil 5 lembar tantangan dalam kotak. Setelah terbentuk, guru menyampaikan aturan dan langkah-langkah permainannya. Setelah semua siap dan paham aturan yang diberikan, kami langsung membuka semua alat dan merakit “Timbangan Bilangan” dengan rukun dan kerja sama. Guru meniup peluit untuk setiap kelompok membuka kertas tantangan yang pertama dan memecahkan bersama dengan menggunakan alat dalam waktu 2 menit, begitu seterusnya. Tak terasa guru kami meniupkan peluit untuk lembar tantangan terakhir.

Wow, sungguh pembelajaran Matematika hari ini sangat menyenangkan. Bayangkan saja, setiap kali bekerja dengan timbangan bilamgan, kami seperti sedang memainkan sebuah permainan yang menantang . Timbangan tersebut membantu kami untuk memahami persamaan bilangan dengan cara yang lebih visual dan interaktif, seolah-olah kita sedang menyeimbangkan beban pada kedua sisi timbangan. Yang lebih seru lagi, kegiatan ini dilakukan dalam kelompok. Jadi kami dapat bekerja bersama teman-teman, suasana belajar terasa lebih ringan, meski kita tetap harus berhitung dengan serius. Ada kebersamaan yang tercipta saat setiap anggota kelompok berkontribusi, saling berdiskusi, dan berbagi ide untuk menyelesaikan soal-soal yang ada. Di sinilah keasyikan belajar Matematika benar-benar terasa!

Dengan begitu, belajar Matematika tentang persamaan bilangan bukan hanya tentang angka dan rumus, tetapi juga tentang bekerja sama, berpikir kritis, dan merasakan keseruan dalam setiap langkah yang diambil. Jadi jangan bosan dan takut belajar Matematika ya, belajar Matematika itu asyik loh !

Loading