Hai teman-teman, kami siswa kelas 5 SD Kristen Petra 7 melakukan percobaan untuk menentukan debit air pada pembelajaran Matematika. Proses pembelajaran Matematika kali ini menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi menjelajahi dan memahami alam secara ilmiah sehingga dapat membantu kami untuk memperoleh pemahaman yang lebih bermakna.
Kami dibagi menjadi 10 kelompok dari 30 siswa. Jadi setiap kelompok terdiri dari 3 siswa yang memiliki peran masing-masing, satu orang memegang botol, satu orang menjalankan stopwatch dan satu orang mengamati pergerakan air dalam botol dan memberi aba-aba kepada teman yang memegang stopwatch untuk mulai dan mengakhiri pengukuran waktu. Teman-teman ingin tahu bagaimana proses percobaannya ya? Yuuuk….kita ikuti bersama sama ya.
Pertama, kami mempersiapkan botol berukuran 600 ml dan 1500 ml, tutupnya kami beri lubang dengan diameter yang sama untuk tempat mengalirnya air. Ketika kami menuang air 1.500 ml dalam baskom waktu menunjukkan 52,6 detik. Selanjutnya kami menghitung debit air tersebut yaitu 28,5 ml/detik. Sedangkan botol yang berisi 600 ml air dituangkan ke baskom memerlukan waktu 21,14 detik dan setelah dihitung ditemukan debitnya 28,38 ml/detik. Tidak hanya kelompok kami, kelompok yang lain lebih menantang lagi, mereka melakukan percobaan mengisi botol 500 ml dengan 3 tutup yang berbeda yaitu satu lubang, dua lubang dan tiga lubang. Bagaimana ya debitnya? Penasaran kan teman-teman?
Ternyata, sungguh menyenangkan pembelajaran Matematika dengan melakukan pengukuran bersama teman dalam kelompok, Selain dapat bekerja sama ,dari percobaan tersebut, kami dapat menyimpulkan bahwa makin banyak jumlah lubang pada tutup botol dan besarnya lubang, maka waktu untuk air mengalir keluar makin cepat dan debitnya makin besar. Nah, ternyata belajar Matematika itu menyenangkan ya teman-teman….!
Ayo, kita giat belajar teman-teman semua! Kita gapai cita-cita dan impian kita!